Mengapa Klaim Ditolak perusahaan Asuransi ?

Karena masih banyak yang ragu untuk berasuransi akibat kekuatiran bahwa klaim tidak akan dibayar, maka saya bagikan artikel berikut.  Semoga bermanfaat…

Kasus klaim asuransi tidak dibayar adalah salah satu kasus yang cukup menyebalkan. Umumnya orang berpikir membayar premi asuransi untuk hal-hal yang menyebabkan potensi kerugian. Kira-kira hal apa saja yang menyebabkan klaim asuransi tidak dibayar atau ditunda pembayarannya?

insurance-claim-dispute-250x337 Mengapa Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Beberapa waktu lalu di Indonesia ada kasus seorang artis yang anaknya mengalami kecelakaan lalu lintas. Anak tersebut kemudian dirawat di rumah sakit. Sang Artis sekaligus sebagai Bapak mencoba mengurus klaim asuransi atas biaya rumah sakit anaknya. Perusahaan asuransi di awalnya menyatakan klaim asuransi tidak dibayarkan, karena si anak telah melanggar peraturan lalu lintas.

Car-Accident-Dul Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Coba Kita lihat kasus di atas dalam dua sisi yang berbeda. Melihat dari sisi Bapak kasus di atas adalah kasus yang sangat menyebalkan. Sudah harus mengurus anak yang masuk rumah sakit, Bapak tersebut juga harus mengeluarkan effort untuk mengurus asuransi. Padahal di awalnya, motivasi sang artis mengasuransikan anaknya adalah untuk membiayai perawatan medis apabila terjadi sesuatu dengan kesehatan anaknya.

Disisi lain perusahaan asuransi memiliki alasan perusahaan asuransi telah mengikat perjanjian dengan bapak dan anak tersebut dalam sebuah kontrak asuransi. Dalam kontrak tersebut terdapat klausul pengecualian pembayaran, salah satunya adalah pelanggaran terhadap hukum. Nah klausul ini yang digunakan perusahaan asuransi untuk menyatakan tidak mau bayar.

Alasan Perusahaan Asuransi Tidak Mau Bayar Klaim

Berikut ini beberapa alasan perusahaan asuransi tidak mau bayar klaim asuransi.

  • Klaim asuransi tidak dibayar jika polis asuransi dalam keadaan lapse atau tidak aktif. Hal ini terjadi karena gagal bayar premi. Banyak hal yang menyebabkan gagal bayar premi, contoh lupa, kesalahan oknum yang melakukan penggelapan. Contohnya adalah seorang artis bernama Michael Jackson yang polisnya lapse gara-gara asistennya tidak membayarkan premi asuransinya.
  • Kejadian termasuk exclusion atau pengecualian dalam kontrak asuransi. Dalam sebuah kontrak atau klausul asuransi umumnya tertulis hal-hal yang berada di luar atau hal-hal yang termasuk pengecualian. Apabila klaim terjadi karena hal-hal yang termasuk di dalam exclusion maka klaim asuransi tidak dibayar.
  • Klaim masih dalam waiting period atau masa tunggu. Contoh seseorang yang terkena penyakit kritis, umumnya memerlukan masa tunggu 1 bulan – 1 tahun (tertulis dalam klausul atau polis asuransi). Misal seseorang terkena penyakit serangan jantung, dan masa tunggu yang tertulis di polis adalah 120 hari. Jika penyakit diklaim masih kurang dari 120 hari maka klaim asuransi tidak dibayar.
  • Pengajuan klaim melewati batas pengajuan klaim maksimum. Klaim asuransi tidak dibayar jika Kita terlambat mengajukan. Biasanya pengajuan maksimum adalah 30-60 hari. Ada perbedaan dari beberapa perusahaan asuransi, ada baiknya cek polis asuransi Anda.
  • Pada saat tanda tangan klausul asuransi ternyata ada penyakit yang disembunyikan. Misal pada saat tanda tangan klausul seseorang sudah memiliki sakit jantung dengan ring 1. Kemudian 1 bulan setelah polis jadi, orang tersebut meninggal dunia karena serangan jantung. Perusahaan asuransi akan melakukan pengecekan, apabila terbukti orang tersebut sudah terkena serangan jantung sebelum atau pada saat tanda tangan klausul, maka uang klaim asuransi tidak dibayar.
  • Syarat-syarat klaim tidak dipenuhi, contoh dokumen-dokumen administrasi: surat keterangan dokter, form klaim nasabah, dan lainnya.
  • Klaim asuransi tidak dibayar jika nasabah melakukan tindak kriminal, tindakan yang melanggar hukum atau tindak kejahatan asuransi. Contoh seseorang pencuri yang terkena timah panas polisi dan pencuri tersebut masuk rumah sakit.
  • Suatu polis asuransi biasanya terikat dalam batas geografis tertentu. Jika kejadian berada di luar wilayah yang tertulis dalam kontrak, maka klaim asuransi tidak dibayar.

Sumber: asuransiku.wordpress.com dan beberapa polis asuransi

Kesimpulan

Agar terhindar dari kasus klaim asuransi tidak dibayar, maka luangkan waktu untuk membaca polis asuransi. Pelajari hal-hal apa yang dapat menyebabkan klaim asuransi tidak dibayar.

 

10 Alasan mengapa klaim tidak dibayar:

  1. Tidak termasuk dalam klausul (perjanjian kontrak), mis : meninggal karena kecelakaan, namun ternyata nasabah meninggal karena sakit maka klaim meninggal tidak akan dibayarkan
  2. Termasuk dalam pengecualian, mis : beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, prostat, dll ( setiap perusahaan asuransi menetapkan jenis kanker yang berbeda yang tidak bisa diklaim. Atau meninggal karena melakukan kejahatan, itu juga termasuk dalam pengecualian
  3. Penyakit yang sudah ada, jika dalam diagnosa diketahui bahwa klaim yang diajukan diakibatkan penyakit yang sudah ada sebelum polis berlaku dan tidak tercantum dalam polis, maka klaim tidak dibayar.
  4. Dokumen yang tidak lengkap. Diperlukan kelengkapan dokumen saat klaim mis : surat keterangan dokter, surat klaim dari nasabah sendiri. Kurangnya satu saja dokumen maka klaim tidak akan dibayarkan.
  5. Masih dalam masa tunggu. Beberapa jenis klaim seperti penyakit kritis, rumah sakit memerlukan masa tunggu (waktu setelah polis terbit) antara 30 – 365 hari. Jika penyakit yang diklaim termasuk dalam masa tunggu maka klaim tidak dibayar.
  6. Polis dalam keadaan lapse. Lapse yang berarti polis tidak aktif dikarenakan belum terbayarnya premi yang jatuh tempo maka perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaim yang diajukan.
  7. Klaim diajukan lewat dari waktu yang ditentukan. Biasanya perusahaan asuransi menetapkan batas waktu untuk klaim antara 30-60 hari, lewat dari waktu tersebut maka klaim tidak akan dilayani.
  8. Klaim diajukan karena nasabah melakukan tindak kejahatan. Mis : masuk RS karena dipukuli massa sewaktu mencuri.
  9. Tindak kejahatan asuransi, mis : sengaja memotong jari sendiri demi mendapatkan uang penggantian. Atau ahli waris yang melakukan kejahatan terhadap tertanggung mengingat besarnya uang klaim yang akan didapatkan.
  10. Berada di luar wilayah kontrak. Mis : dalam kontrak tertulis semua kejadian yang terjadi di Indonesia, namun ternyata kejadian ada di luar Indonesia maka klaim akan ditolak.

Melihat banyaknya alasan klaim asuransi tidak dibayarkan, maka penting bagi para pemegang polis untuk mempelajari kontrak secara cermat karena setiap perusahaan asuransi jiwa mempunyai aturan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s