Bagaimana Supaya Klaim Disetujui Perusahaan Asuransi?

 

Jika di artikel sebelumnya saya membahas beberapa faktor yang bisa menyebabkan suatu klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi (baca: Mengapa Klaim Asuransi Tidak Dibayar?), maka artikel saya berikut ini adalah mengenai bagaimana caranya supaya klaim asuransi kita bisa diterima oleh perusahaan asuransi. Mari kita simak ulasannya berikut ini.. 

 

 

12370207075_f6292de6e5_m

1. Selalu membayar premi tepat waktu

Usahakan agar selalu membayar premi asuransi tepat waktu. Kalaupun telat bayar, usahakan agar tidak lebih dari 30 hari setelah jatuh tempo. Karena dengan membayar premi tepat waktu, maka akan membuat polis Anda selalu aktif. Akan lebih baik kalau premi Anda dibayarkan secara autodebet dari rekening tabungan Anda setiap bulannya. Ini bisa membantu Anda terhindar dari lupa membayar premi.

2. Jangan pernah cairkan dana tunai yang terbentuk

Saya selalu menyarankan kepada nasabah ataupun calon nasabah saya agar tidak pernah mencairkan dana tunai yang terbentuk dari asuransi mereka, terkecuali dalam keadaan yang sangat mendesak sekali. Karena fungsi sebenarnya dari dana tunai tersebut adalah ‘membantu’ Anda dalam membayar premi disaat biaya asuransi lebih besar daripada premi yang dibayarkan. Selain itu fungsi dari dana tunai yang terbentuk tersebut adalah membayarkan premi Anda ketika Anda sedang cuti premi. Jika Anda mencairkan dana tunai yang terbentuk, maka lama kelamaan polis Anda akan lapse dikarenakan dana tunai yang ada tidak bisa ‘membantu’ Anda dalam membayarkan biaya asuransi Anda.

3. Pelajari dan pahami isi polis asuransi

Anda sebagai pemegang polis sangat disarankan untuk mempelajari dan memahami dengan sebaik-baiknya isi polis asuransi Anda. Pelajari setiap ketentuan yang ada mulai dari kriteria keadaan yang dicover oleh perusahaan asuransi, pasal pengecualian yang mengatur keadaan apa saja atau keadaan yang seperti apa yang dikecualikan oleh perusahaan asuransi, syarat-syarat atau dokumen-dokumen kelengkapan dalam rangka klaim asuransi, sampai dengan masa tunggu yang ada dan batas waktu maksimal klaim diterima oleh perusahaan asuransi. Tanyakan kepada agen asuransi Anda jika ada pasal-pasal yang tidak Anda pahami.

4. Jujur ketika isi form permohonan asuransi

Saya sangat menyarankan Anda menjawab seluruh pertanyaan terkait history kesehatan Anda dengan jujur. Karena dengan menjawab seluruh pertanyaan secara jujur, maka perusahaan asuransi sudah mengetahui diri Anda sejak awal. Dan biasanya jika misalnya seseorang memiliki history suatu penyakit, maka ada kemungkinan premi yang mesti dibayarkan lebih mahal dibandingkan dengan mereka yang sehat. Atau bahkan ada juga kasus dimana perusahaan asuransi menerima permohonan asuransi seseorang namun ada beberapa point dalam polis asuransi yang tidak dicover oleh perusahaan asuransi.

5.  Beritahu keluarga

Begitu Anda buka polis asuransi, saya sarankan untuk tidak Anda rahasiakan kepada keluarga inti Anda (pasangan, anak kandung, saudara kandung, orangtua Anda).  Kenapa?  Karena kelak merekalah yang akan membantu Anda untuk mengingatkan proteksi yang Anda miliki, membantu menghubungi agen asuransi Anda, dan membantu menyiapkan/mengurus dokumen pelengkap untuk pengajuan klaim.

 

sumber

One thought on “Bagaimana Supaya Klaim Disetujui Perusahaan Asuransi?

  1. Ping-balik: Kuatir Klaim Asuransi SUSAH ?! | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s