Belajar dari AirAsia QZ8501, “Betapa Pentingnya Asuransi Bagi Kita”

Dewi Rachmat Kusuma – detikfinance
Senin, 19/01/2015 11:40 WIB
//images.detik.com/content/2015/01/19/5/114245_airasiaaksisar15.jpg
Jakarta -Musibah yang menimpa pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh di Selat Karimata jelang akhir tahun 2014 lalu, nampaknya bisa dijadikan pelajaran bagi kita betapa pentingnya memiliki asuransi.
Melalui perusahaan asuransi, para ahli waris keluarga korban mendapatkan santunan berupa sejumlah uang yang nilainya mencapai Rp 1,25 miliar per orang. Uang santunan ini cukup meringankan beban keluarga korban di tengah rasa duka yang melanda mereka.Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia mengungkapkan, peranan asuransi sangat penting bagi kehidupan manusia. Ini sebagai antisipasi berbagai kejadian yang tidak bisa diprediksi.”Kita boleh menfaatkan kejadian AirAsia dengan positif tentunya, ini menunjukkan betapa pentingnya asuransi bagi kita,” ujarnya saat memberikan sambutan di acara Sosialisasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/1/2015).Indah mendorong agar masyarakat Indonesia mulai concern terhadap asuransi. Selama ini, kata dia, industri asuransi di Indonesia masih belum banyak dilirik. Perbankan masih mendominasi instrumen keuangan masyarakat Indonesia saat ini.”Sebanyak 80% masyarakat memilih menempatkan dana di perbankan, karena mudah diakses dan mudah melaksanakan transaksi,” ucap dia.Padahal, Indah menyebutkan, asuransi punya berbagai manfaat, tidak hanya investasi tapi juga proteksi.
“Asuransi adalah produk pilihan masyarakat dalam bentuk investasi dan proteksi. Masyarakat selama ini mereka hanya tahu perbankan. Kita berharap masyarakat kita investasikan dananya nggak hanya perbankan tapi asuransi sebagai alternatif,” terang dia.Apalagi, lanjut Indah, instrumen asuransi juga bisa dijadikan sebagai pembiayaan jangka panjang. Hal ini bisa didorong untuk digunakan sebagai pembiayaan pemerintah.”Kita pemerintah juga butuh dana dalam jangka panjang dari asuransi, kalau bank itu jangka pendek, tabungan, deposito, jadi banyak hal penting dalam asuransi,” katanya.Untuk itu, Indah mendorong pengembangan industri asuransi di Indonesia. Pihaknya bersama OJK, Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerjasama meningkatkan pertumbuhan industri asuransi di Indonesia.Menurut dia, industri asuransi harus mudah diakses oleh masyarakat. Para petugas perusahaan asuransi harus pro aktif melayani masyarakat.”Terkait AirAsia apabila ada nama yang sesuai dengan database, jangan menunggu keluarga korban mencari dan minta. Saya menyarankan agar mereka diberi kemudahan saat mereka melakukan klaim, itu yang perlu diperhatikan, OJK melalui kantor Surabaya membuka posko jadi pada saat ingin info maka saat itu petugas bisa langsung melayani,” pungkasnya.
SUMBER

—————————————————

 

Belajar dari kejadian / musibah AirAsia QZ8501 ini, hendaklah kita lebih bijak membuat rencana keuangan untuk hidup kita dan keluarga.  Sangat baik menempatkan dana di produk2 perbankan dan investasi, namun jangan lupa untuk menyisihkan sebagian di produk asuransi untuk mendapatkan manfaat proteksi dari hal-hal ataupun resiko yang mungkin bisa terjadi dan tidak bisa dihindari.

Resiko yang bisa ditanggung oleh asuransi diantaranya:

  • Meninggal dunia
  • Kecelakaan
  • Cacat tetap total
  • Sakit kritis
  • Tua / pensiun
  • Perawatan Rumah Sakit

Dari beberapa hal tersebut, yang menjadi fokus utama dari Asuransi Jiwa Allianz (Syariah) adalah proteksi penghasilan Anda terhadap 4 resiko pertama.  Dimana Allianz menawarkan membantu nasabah dengan cara:

memberikan Uang TUNAI Dalam Jumlah BESAR (disebut Uang Pertanggungan)

dengan premi yang minimal.

 

Tidak percaya??

Perhatikan Contoh berikut:

Profil peserta: Pria, usia 30 tahun, bekerja dalam ruangan.

Dengan premi hanya 600rb perbulan, manfaat yang didapat = 2,5M.

Berikut rinciannya:

tabel-25-m

 

Murah kan?  Kalau sudah punya proteksi di Allianz, TIDAK perlu punya proteksi di tempat lain…

 

 

Klik:  KONTAK SAYA   untuk diskusikan manfaat yang bisa didapat, sesuai profil Anda.

GRATIS!

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s