Asuransi Kesehatan dari Allianz, apa saja ?

 

health

Apakah Anda sedang mencari Asuransi Kesehatan yang bagus dan murah?  Mau pilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, atau butuh asuransi kesehatan yang gabung dengan asuransi jiwa?  Terutama asuransi kesehatan dari Allianz?  Silahkan mendapatkan infonya disini.

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya jika seseorang berobat di rumah sakit. Pada umumnya produk asuransi kesehatan yang ada di pasaran, khususnya produk untuk perorangan, menitikberatkan pada manfaat rawat inap dan pembedahan (hospital and surgical [HS]). Untuk cara klaimnya, hampir semua produk asuransi kesehatan dilengkapi fasilitas kartu cashless (tinggal tunjukkan kartu saat hendak dirawat, tidak perlu bawa uang tunai). Itulah paket standar dalam semua produk asuransi kesehatan.

Saat ini tersedia empat pilihan program asuransi kesehatan rawat inap cashless dari Allianz. Tiga merupakan produk yang berdiri sendiri, artinya bisa diambil tanpa harus memiliki asuransi jiwa, yaitu Allisya Care, Maxi Violet, dan SmartMed Premier. Satu lagi merupakan rider (proteksi tambahan) pada asuransi jiwa unit-link Tapro, yaitu Hospital and Surgical Care + (HSC+).

Keempat produk ini sama-sama menyediakan fasilitas kartu cashless yang bisa digunakan di RS jaringan Allianz. Di luar itu menggunakan sistem reimburse. Karena bersifat cashless (non-tunai), maka empat produk ini tidak bisa double claim, melainkan hanya koordinasi manfaat dengan asuransi kesehatan lain yang sama-sama pakai kartu cashless.

Berikut penjelasan singkat tiap produk.

1. Allisya Care

 

allisyacare

Allisya Care adalah asuransi kesehatan murni tanpa investasi, berdiri sendiri (stand-alone), dengan akad sesuai syariah. Allisya Care memberikan manfaat rawat inap yang lengkap meliputi kamar, ICU, konsultasi dokter umum dan spesialis, obat-obatan, pembedahan, sebelum dan sesudah rawat inap, ambulans, rawat jalan dan gigi darurat karena kecelakaan, dan sedikit manfaat kematian.

Skema klaimnya bersifat indemnity, yaitu memberikan penggantian biaya rumah sakit dengan batas sesuai plafon yang diberikan dalam tabel manfaat.

Kontrak Allisya Care berjangka tahunan dan dapat diperpanjang tiap tahun sampai usia 70 tahun. Preminya tergantung usia dan jenis kelamin, naik per lima tahun sesuai tabel premi.

Alisya Care dapat diambil untuk satu orang, dapat juga menyertakan anggota keluarga dalam satu polis.

Manfaat rawat inap yang ditanggung Allisya Care dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel Manfaat Allisya Care (Rawat Inap)

Selengkapnya mengenai Allisya Care, silakan dibaca di SINI.

 

2. Maxi Violet

 

maxi violet_Page_1

Maxi Violet adalah kembaran Allisya Care. Rincian manfaat dan ketentuan umum lainnya sama persis, jadi tidak akan saya uraikan lagi di sini.

Bedanya, Allisya Care menggunakan akad syariah, Maxi Violet konvensional. Premi Allisya Care lebih murah sekitar 5% daripada Maxi Violet. Tapi Maxi Violet memiliki fitur no-claim bonus sebesar 20% yang memotong premi perpanjangan. Allisya Care juga memiliki fitur no-claim bonus, tapi besarnya tergantung surplus underwriting (tidak dijamin).

Selengkapnya perbedaan Allisya Care dan Maxi Violet bisa dibaca di SINI.

 

3. SmartMed Premier

smart med preimeir

Seperti halnya Allisya Care dan Maxi Violet, SmartMed Premier juga merupakan produk asuransi kesehatan murni tanpa investasi dan berdiri sendiri (stand-alone). Manfaatnya lebih lengkap daripada Allisya Care dan Maxi Violet. Selain yang sudah disebutkan, juga dilengkapi manfaat kemoterapi, cuci darah, dan HIV/Aids.

Satu hal yang paling membedakan dari produk askes Allianz lainnya, SmartMed Premier membayar klaim rumah sakit SESUAI TAGIHAN dengan limit 6 miliar setahun. Artinya, berapa pun tagihan biaya rumah sakit, selama tidak melebihi 6 miliar, akan ditanggung seluruhnya oleh Allianz. Ketentuan untuk bisa sesuai tagihan adalah nasabah harus menempati kamar sesuai plan yang diambil. Misal, ambil plan A (kamar 500 ribu per hari), maka semua biaya pengobatan akan diganti penuh asalkan nasabah menempati kamar yang harganya 500 ribu per hari atau di bawahnya.

Keistimewaan SmartMed Premier yang lainnya adalah menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan di luar negeri, saat ini yaitu di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Seperti halnya Allisya Care dan Maxi Violet, SmartMed Premier bisa diambil untuk satu orang, dan bisa juga menyertakan anggota keluarga dalam satu polis.

Rincian manfaat SmartMed Premier bisa dilihat pada tabel berikut:

Tabel Manfaat SmartMed Premier

Selengkapnya tentang SmartMed Premier bisa dibaca di SINI.

 

4. Rider Hospital and Surgical Care + (HSC+)

asuransi-allianz-hospital-dan-surgery

HSC+ adalah askes murni Allisya Care atau Maxi Violet yang disisipkan di asuransi jiwa unit-link Tapro (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus), dengan beberapa perubahan. Secara umum, rincian manfaat dan plafonnya sama. Perbedaannya, HSC+ dilengkapi manfaat kemoterapi, cuci darah, dan fisioterapi. Selain itu, HSC+ menyediakan plan kamar di atas 1 juta dan maksimal kamar 2 juta per hari.

Ketentuan umum HSC+ mengikuti ketentuan umum produk Tapro. Cara bayar bisa bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan.

Berbeda dengan Allisya Care, Maxi Violet, dan SmartMed Premier yang dapat menyertakan anggota keluarga dalam satu polis, HSC+ hanya bisa satu orang dalam satu polis.

Rincian manfaat HSC+ bisa dilihat pada tabel berikut:

Tabel Manfaat Rider Hospital & Surgical Care + (klik untuk memperbesar)

Lebih lengkap mengenai rider HSC+ bisa dibuka di SINI.

Rangkuman Produk Asuransi Kesehatan

Persamaan dan perbedaan empat produk asuransi kesehatan di atas dapat dirangkum dalam tabel sbb:

Allisya Care Maxi Violet SmartMed Premier Rider HSC+ (Tapro)
Syariah Konvensional Konvensional Syariah dan konvensional
Berdiri sendiri Berdiri sendiri Berdiri sendiri Rider (proteksi tambahan) pd unit-link
Murni tanpa investasi Murni tanpa investasi Murni tanpa investasi Dikaitkan dengan investasi (unit-link)
Kontrak tahunan, bergaransi perpanjangan Kontrak tahunan, bergaransi perpanjangan Kontrak tahunan, tidak bergaransi perpanjangan Kontrak mengikuti produk dasar (asuransi jiwa).
Satu polis bisa menyertakan anggota keluarga Satu polis bisa menyertakan anggota keluarga Satu polis bisa menyertakan anggota keluarga Satu polis untuk satu orang
Usia masuk 1 bulan sd 60 tahun Usia masuk 1 bulan sd 60 tahun Usia masuk 1 bulan sd 75 tahun Usia masuk 1 bulan sd 60 tahun
Masa perlindungan sd usia 70 tahun Masa perlindungan sd usia 70 tahun Masa perlindungan sd usia 85 tahun Masa perlindungan sd usia 70 tahun
Bisa ditambah rider Rawat Jalan, Rawat Gigi, Persalinan, dan Santunan Harian Bisa ditambah rider Rawat Jalan, Rawat Gigi, Persalinan, dan Santunan Harian Bisa ditambah rider Rawat Jalan & Gigi dan Persalinan. Rawat inap saja.
Premi hanya tahunan Premi tahunan cashless, selain itu tidak cashless Premi tahunan cashless, selain itu tidak cashless Premi bisa bulanan, kuartalan, semesteran, dan tahunan, semuanya cashless
Plan 100rb sd 1jt Plan 100rb sd 1jt Plan 500rb sd 6jt Plan 100rb sd 2jt
Fasilitas cashless di Indonesia saja Fasilitas cashless di Indonesia saja Fasilitas cashless di Indonesia dan luar negeri Fasilitas cashless di Indonesia saja
Ada inner limit (batasan per item manfaat) Ada inner limit (batasan per item manfaat) Sesuai tagihan (as charge) Ada inner limit (batasan per item manfaat)
Tanpa masa tunggu Tanpa masa tunggu Masa tunggu 30 hari, kecuali karena kecelakaan Masa tunggu 30 hari, kecuali karena kecelakaan

Kesimpulan

  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan untuk sekeluarga, pilihannya Allisya Care, Maxi Violet, atau SmartMed Premier.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan sesuai syariah, pilihannya Allisya Care atau rider HSC+ di Tapro Allisya Protection Plus.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan sesuai tagihan, pilihannya SmartMed Premier.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan yang relatif murah, pilihannya Allisya Care.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan yang preminya bisa bulanan, pilihannya rider HSC+ di unit-link Tapro.
  • Jika harga bukan masalah bagi anda, askes terbaik ialah SmarMed Premier karena membayar klaim RS sesuai tagihan dengan limit 6 miliar setahun.

Produk Lain Terkait Kesehatan

Selain empat produk di atas, Allianz menyediakan dua produk lain yang menyediakan bantuan untuk risiko sakit. Pertama adalah rider Flexicare Family, yang memberikan santunan kesehatan untuk kejadian rawat inap dan pembedahan. Kedua adalah rider Critical Illness, yang memberikan uang pertanggungan jika tertanggung terdiagnosa atau mengalami salah satu dari sejumlah penyakit atau kondisi kritis. Keduanya tersedia sebagai rider (proteksi tambahan) pada unit-link Tapro (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus).

1. Rider Flexicare Family

Flexicare Family memberikan santunan kesehatan berupa uang tunai jika tertanggung dirawat di rumah sakit atau mengalami pembedahan, baik karena sakit ataupun kecelakaan. Cara klaimnya bersifat reimburse dan bisa double claim dengan menyertakan fotokopi kuitansi legalisir.

Santunan yang diberikan Flexicare Family sesuai dengan jumlah unit yang diambil, tanpa melihat berapa biaya yang dikenakan rumah sakit. Lebih jelasnya bisa melihat tabel manfaat berikut:

Tabel Manfaat FlexicareTabel di atas menggambarkan manfaat Flexicare Family sebanyak 10 unit. Sebagai contoh, jika seseorang dirawat karena sakit selama 5 hari tanpa pembedahan, maka sepulangnya dari rumah sakit, dia dapat mengajukan klaim secara reimburse untuk memperoleh santunan sebesar 5 x 1 juta, sama dengan 5 juta. Atau jika dia mengalami pembedahan kategori intermediate karena kecelakaan, dia akan mendapatkan santunan sebesar 18 juta. Santunan penyembuhan pun ada, tapi hanya kalau dirawat lebih dari 30 hari.

Flexicare Family, sesuai namanya, bisa menyertakan anggota keluarga (suami/istri dan anak) dalam satu polis. Tentunya premi untuk satu orang berbeda dengan premi untuk beberapa orang.

Flexicare Family tidak saya golongkan sebagai asuransi kesehatan, karena bentuknya hanya berupa santunan harian. Biasanya produk ini dimaksudkan sebagai pelengkap dari asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Santunan yang diperoleh bermanfaat untuk menutup biaya-biaya tambahan yang tidak ditanggung asuransi kesehatan, misalnya biaya transportasi, makan, orang yang menemani, dan lain-lain. Atau bisa juga dianggap sebagai pengganti penghasilan yang hilang selama tidak bisa bekerja karena sakit.

Selengkapnya mengenai Flexicare Family, bisa dibaca di SINI.

2. Rider Critical Illness

Rider Critical Illness (asuransi penyakit kritis) memberikan uang pertanggungan sebesar yang tertera di polis jika tertanggung terdiagnosa atau mengalami salah satu dari 49 penyakit kritis, atau salah satu dari 100 kondisi kritis yang ditanggung (tergantung produknya). Contoh penyakit kritis antara lain serangan jantung, jantung koroner, stroke, kanker, penyakit hati kronis, gagal ginjal, angioplasti, tumor otak, dan meningitis bakteri. Semua penyakit itu membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pengobatan dan pemulihan (antara ratusan juta sampai miliaran rupiah), oleh karena itu diperlukan suatu proteksi yang didesain khusus untuk menanggulangi dampak keuangannya.

Asuransi penyakit kritis berbeda dalam banyak segi dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan menanggung semua penyakit selama ada rawat inap atau pembedahan (hospital and surgical), sedangkan asuransi penyakit kritis menanggung risiko yang tergolong penyakit kritis saja. Asuransi kesehatan memberikan penggantian sebesar biaya rumah sakit atau maksimal sebesar plafon, sedangkan asuransi penyakit kritis memberikan sejumlah uang pertanggungan sesuai dengan yang tertera di polis tanpa melihat biaya yang ditagihkan rumah sakit.

Critical illness tidak melulu bicara soal penyakit, sebagian lagi berupa kondisi yang tidak tersembuhkan seperti kelumpuhan, kebutaan, bisu, tuli, kerusakan organ tubuh penting, hilangnya kemandirian hidup, hingga terminal illness (ketika usia seseorang divonis tidak lebih dari 12 bulan). Semua kondisi ini tidak bisa ditangani oleh asuransi kesehatan rawat inap, karena persoalannya bukan di biaya berobat. Dalam kasus ini, fungsi asuransi penyakit kritis bukan terutama untuk pengobatan maupun pemulihan, melainkan untuk mengganti penghasilan yang hilang karena tidak bisa bekerja lagi untuk jangka waktu yang panjang, bahkan untuk selamanya.

Blog ini diberi slogan “melindungi penghasilan keluarga”, salah satu alasannya karena asuransi penyakit kritis, bersama asuransi meninggal dunia dan cacat tetap, merupakan produk asuransi yang penting dimiliki demi mempertahankan kelangsungan ekonomi sebuah keluarga.

Rider Critical Illness di Tapro Allianz ada tiga macam, yaitu CI Accelerated (CIA), CI+, dan CI100. CIA dan CI+ menanggung 49 penyakit kritis tahap lanjut, dengan perbedaan CIA masa perlindungannya sampai dengan usia 85 tahun dan klaimnya mengurangi UP dasar, sedangkan CI+ sampai dengan usia 70 tahun dan klaimnya tidak mengurangi UP dasar. Sementara itu, CI100 menanggung 100 kondisi penyakit kritis sejak tahap awal dengan masa perlindungan hingga usia tertanggung mencapai 100 tahun.

Perbedaan dan persamaan tiga produk rider tersebut bisa dilihat di tabel ini:

CI Accelerated CI+ CI100
Menanggung 49 penyakit kritis Menanggung 49 penyakit kritis Menanggung 100 kondisi penyakit kritis
Menanggung penyakit kritis tahap lanjut (advanced) Menanggung penyakit kritis tahap lanjut (advanced) Menanggung kondisi kritis sejak tahap awal, menengah, lanjut, dan terparah.
Klaim mengurangi UP jiwa dasar Klaim tidak mengurangi UP jiwa dasar Klaim tidak mengurangi UP jiwa dasar
Usia masuk 1 sd 64 tahun Usia masuk 1 sd 64 tahun Usia masuk 5 sd 70 tahun
Masa perlindungan sd usia 85 tahun Masa perlindungan sd usia 70 tahun Masa perlindungan sd usia 100 tahun
Tanpa survival period Tanpa survival period Survival period 7 hari
Masa tunggu 90 hari Masa tunggu 90 hari Masa tunggu 90 hari

Tentang CIA dan CI+, lebih lengkapnya bisa dibaca di SINI. Tentang CI100, bisa dibaca di SINI.

Demikian, semoga bermanfaat untuk para pembaca yang tengah mencari perlindungan terbaik untuk keluarga.

4 thoughts on “Asuransi Kesehatan dari Allianz, apa saja ?

  1. Ping-balik: Manfaat Rawat Inap (Askes di Allianz) dalam Perbandingan | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  2. Ping-balik: Perbandingan Komposisi Ilustrasi: Asuransi Jiwa+Askes VS Asuransi Kesehatan Terpisah | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  3. Ping-balik: Cara Membandingkan Produk Asuransi UNITLINK | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  4. Ping-balik: Hindari Kesalahan dalam Membeli Asuransi | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s