Apa Beda Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Sakit Kritis?

Pernahkah Anda mendapat tawaran asuransi penyakit kritis dari seorang agen asuransi? Lebih dari 75% orang yang saya tanya, ternyata pernah mendapatkan tawaran tersebut. Namun, sebagian besar tidak memahami jenis perlindungan ini, sehingga masih banyak orang yang menolak untuk membelinya.

Alasan terbanyak biasanya karena sudah memiliki polis asuransi kesehatan. Apabila Anda telah memiliki tunjangan kesehatan dari kantor tempat bekerja misalnya, untuk apa lagi membeli polis asuransi penyakit kritis?  Apa bedanya asuransi kesehatan dengan asuransi sakit kritis?

 

ASURANSI KESEHATAN

Asuransi Kesehatan adalah penggantian biaya kesehatan/perawatan yang timbul selama berurusan dengan Rumah Sakit.  Manfaat utama yang didapat nasabah adalah manfaat rawat inap.

Jenis Asuransi kesehatan ada 2:

  1. Askes murni.  Karakteristiknya:  berdiri sendiri (tidak gabung dengan asuransi jiwa), tidak ada nilai tunai yang terbentuk, tidak ada premi yang dikembalikan, premi murah, ada limit.  Di Allianz produknya:  Askes Syariah (Allisya Care), askes Non Syariah (Maxi Violet), askes Non Syariah Premium (Smartmed Premier)
  2. Askes sebagai Rider kesehatan.  Karakteristiknya:  merupakan rider/manfaat tambahan dari asuransi jiwa (Gabung dengan asuransi jiwa), nilai tunai yang terbentuk ada namun merupakan nilai investasi dari asuransi jiwa, tidak ada premi yang dikembalikan, premi sedikit lebih mahal karena merupakan premi asuransi jiwa, ada limit.  Di Allianz nama ridernya adalah: HSC+ (Hospital Surgical Care Plus)

Nasabah akan mendapatkan kartu asuransi kesehatan untuk mendapatkan fasilitas cashless jika harus dirawat di RS.  Cashless = tidak perlu mengeluarkan uang saat akan di rawat di RS.  Hanya tinggal menunjukkan saja kartunya, bagian administrasi RS akan mengurusnya, dan pasien langsung bisa menjalani proses rawat inap di RS rekanan tersebut.

Nasabah hanya perlu membayar apabila terdapat selisih biaya perawatan antara biaya aktual yang timbul dengan plafon yang dimiliki di perusahaan asuransi.  Contohnya produk asuransi kesehatan Allianz Syariah: (Allisya Care). Jika askes yang dimiliki adalah askes tanpa plafon (sesuai tagihan), maka Allianz akan membayarkan biaya perawatan rawat inap rumah sakit sesuai tagihan rumah sakit, berapapun jumlahnya, asalkan tidak melebihi 6 Milyar per tahun.  Contohnya produk askes Premium dari Allianz:  (Smartmed Premier)

Bila nasabah tidak menggunakan kartu cashless, maka semua perawatan rumah sakit yang timbul harus dibayarkan terlebih dahulu dengan uang pribadi, baru kemudian direimburse ke pihak asuransi. Di Allianz, reimburse askes cuma butuh 7 hari kerja dengan aplikasi Allianz Eazy Claim yang bisa di download di handphone berbasis IOS atau Android. (Sampai saat ini, blum ada satu asuransi pun yang memiliki aplikasi ini, hanya di Allianz yang punya.)

Selain rawat inap sebagai manfaat utama, juga ada manfaat tambahan (bisa dibeli, bisa juga tidak).  Manfaat tambahan pada asuransi kesehatan murni:

  1. Rawat jalan
  2. Rawat Gigi
  3. Kehamilan
  4. Santunan Harian (pada produk Allisya Care)

Asuransi Kesehatan sangat bermanfaat untuk membiayai segala keperluan pengobatan selama DI DALAM rumah sakit.   Apapun sakit Anda, baik sakit “ringan” (seperti Typhus, DBD) atau pun sakit “berat” (seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dll), selama dilakukan perawatan atau pengobatan dan berhubungan dengan Rumah Sakit, maka Anda membutuhkan Asuransi Kesehatan.

Asuransi Kesehatan hanya memberikan penggantian untuk biaya2 yang “terlihat”, yang bisa dibaca pada tagihan Rumah Sakit.  Contohnya:  biaya dokter, biaya kamar, biaya tindakan operasi, biaya obat.  Selama Anda dirawat inap di RS, jika anda memiliki asuransi kesehatan, maka tidak peduli anda dirawat karena sakit ringan, atau sakit parah karena sakit kritis atau karena kecelakaan, semuanya akan dicover biayanya oleh asuransi kesehatan yang anda miliki.

Hanya sampai disinilah Asuransi Kesehatan Anda berperan.

Mau buka polis asuransi Kesehatan?  Mari kita diskusikan dulu kebutuhan asuransi Kesehatan Anda, melalui ilustrasi Asuransi Kesehatan Allianz.  Kirimkan data diri Anda KESINI untuk mendapatkan ilustrasinya.

 

 

ASURANSI SAKIT KRITIS

Bagaimana jika Anda kena sakit kritis, tetapi tidak dirawat inap di rumah sakit? Ya, berarti asuransi kesehatan Anda tidak bermanfaat. Asuransi kesehatan Anda hanya bermanfaat selama Anda dirawat inap di rumah sakit. Jika Anda cari pengobatan alternatif, cari tabib, sinshe, akupunctur, makan suplemen dan lain lain, asuransi kesehatan tidak akan mengcover biaya itu.    Bagaimana jika Anda kena sakit parah, cari pengobatan alternatif selain dirawat inap di rumah sakit?  Anda harus pakai uang pribadi untuk membayar semua biaya itu.

 

Critical Illness Hidden Cost

 

Jangan lupa, bahwa apapun kategori sakitnya, (baik sakit “ringan” ataupun sakit “berat/kritis”), pasti ada yang namanya “biaya tersembunyi”.

Nah, bagaimana dengan “biaya tersembunyi”?  Apakah masih dicover oleh Asuransi Kesehatan?  Tentu saja adanya biaya tersembunyi tersebut sudah tidak dapat memanfaatkan fasilitas Asuransi Kesehatan.

Apa saja “biaya tersembunyi” itu?  Dari gambar diatas, inilah beberapa “biaya tersembunyi”:

  • Biaya Pengobatan di luar plafon
  • Biaya Pengobatan Alternatif / obat eksperimental
  • Income yang hilang selama tidak bekerja
  • Income pasangan/keluarga yang hilang
  • Akomodasi dan penginapan di luar kota / luar negeri
  • Increased Childcare Expenses (pengeluaran/biaya pengasuh anak jadi bertambah)
  • Juru rawat pribadi + tambahan supir
  • Nutrisi ekstra untuk penyembuhan

Umumnya biaya tersembunyi terpaksa diselesaikan dengan “uang sendiri”.  Terpaksa kuras tabungan, jual asset, atau pinjam teman/kerabat.

 

SOLUSI

Bagaimana jika Estri Heni (Hp: 0817 028 4743) menawarkan solusi lain yang tidak perlu “mengganggu” dana pribadi Anda?  Apakah itu?

Disinilah peran “asuransi sakit kritis”.  Bagi pasien sakit kritis, biaya2 tersembunyi tersebut akan sangat terasa dibutuhkan.

Asuransi sakit kritis memberikan Uang Tunai (sekaligus) dalam Jumlah Besar.  Berapa jumlah besarnya?  Tergantung UP (Uang pertanggungan) yang ada di polis.

Misalnya dalam polis tertera UP penyakit kritis sebesar 1 Miliar, maka akan diberikan sebesar 1 Miliar jika tertanggung terdiagnosa suatu penyakit kritis, atau separuhnya jika penyakit kritis terdiagnosa di tahap awal (khusus untuk asuransi penyakit kritis yang menanggung sejak tahap awal, contohnya CI100).

Yang namanya uang tunai, tentunya boleh digunakan untuk apa saja. Mau dipakai berobat boleh, tidak dipakai berobat pun silakan saja (misalnya biaya rumah sakit sudah dijamin askes sesuai tagihan). Berobat di rumah sakit boleh, di klinik alternatif pun oke-oke saja. Mau digunakan untuk biaya hidup sehari-hari boleh, atau disimpan saja untuk keperluan pendidikan anak pun boleh. Untuk melunasi utang boleh, diinvestasikan untuk menambah dana pensiun pun tak masalah. Bahkan mau dipakai jalan-jalan dan membeli mobil baru pun tak ada larangannya.

 

Bagaimana Mendapatkan Asuransi Penyakit Kritis?

Di Allianz, asuransi penyakit kritis tersedia sebagai rider (manfaat tambahan) pada produk asuransi jiwa Tapro. Saat ini terdapat dua macam rider penyakit kritis, yaitu CI+ dan CI100.

CI+ memberikan perlindungan dari 49 penyakit kritis sampai usia 70 tahun, sedangkan CI100 memberikan perlindungan dari 100 kondisi penyakit kritis sejak tahap awal sampai usia 100 tahun.

Bagaimana dengan preminya?

 

Yuk, diskusikan kebutuhan Uang Tunai asuransi Sakit Kritis !

Kontak:

Estri Heni

WA:  0817 028 4743

 

 

Iklan

3 thoughts on “Apa Beda Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Sakit Kritis?

  1. Ping-balik: Allianz Bayar Klaim Alm. Julia Perez | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Allianz Syariah

  2. Ping-balik: UP Jiwa Dan UP Sakit Kritis, Mana Yang Harus Dimaksimalkan Proteksinya? | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Allianz Syariah

  3. Ping-balik: Bagaimana Komposisi Asuransi Yang Ideal Untuk 1 Keluarga? | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s